Jumat, 13 Maret 2009

keberuntungan yg membuat gw lelah

Believe it’s or not but this is reality.. percayalah..
Gw adalah seorang gadis yg terlahir dari keluarga yg cukup disegani oleh masyarakat sekitar. Konon, kakek gw merupakan salah satu keturunan dari kerajaan solo. Well… org lebih mengenal nya dengan keturunan darah biru. Kakek gw termasuk salah satu pejuang yg ikut andil dalam kemerdekaan negara indonesia kita ini. Kekek selalu bercerita tentang perjuangan nya dulu kepada para cucu nya… sampe berulang-ulang kali, kakek enggak pernah lelah tuk bercerita. Kadang sih kuping panas dan bete, tapi apa mw di kata.. gw dan para cucu nya yg lain harus tetep jadi pendengar setia tuk rasa penghormatan kita. Sekalipun kakek dah pikun, tapi kakek g pernah lupa dengan segala peristiwa ttg perjuangan nya dulu.. ibarat kata dah jadi prasasti di otak nya. Bokap, menjadi salah satu tokoh masyarakat dan paling disegani ma masyarakat sekitar, sikap nya yg bijaksana membuat orang2 jatuh hati. Dan bokap juga punya bakat dalam bela diri. jadi ga bakalan ada orang yg berani bertindak kriminal ke keluarga kita. Keliatannya aja bokap gw tu kalem, tapi kalo udah berantem… bbeu.. preman yg body nya se udug-udug bisa lari pontang-panting Cuma kena sentilan bokap gw. Nyokap, seorang wanita yg berprofesi sebagai wanita karir, dya teguh, tekun dan smart. Jadi ga heran klo hasil reproduksi nya dg bokap menghasilkan anak2 yg sangat beragam. Kayak kakak cewk gw yang pertama, dya bertubuh tinggi, lenjang,cantik,berkulit putih, punya rambut bak model2 iklan shampo, jago baca+bikin puisi. Dan dya cewk yg cerdas, bijaksana and feminism abis. Lain lagi, dg kakak gw yg ke-2, dya seorang cowok yg sangat cerdas end rajin, dari pertama masuk sekolah ampe kuliah dya ga pernah dapet nilai jelek alias selalu menempati rangking pertama. Jago banget ma yang namannya sains. Karena otak nya yg hebring itu dan jago ber cas cis cus ria dalam 2 bahasa. Akhirnya dya dapet beasiswa tuk melanjutkan S2 ke taiwan. Selain itu dya juga aktivis sejati. Peranan nya di organisasi2 keislaman patut di acungi jempol. Dan kini tinggal anak nya yg terakhir alias bungsu, yaitu gw!. Gw terlahir dg kondisi yg normal dan lebih enak di denger kondisi nya standar-stabdar aja, berwatak keras, ceroboh,cuek, tomboy, cerewet,punya face biasa ja, otak pas-pas an dan berbody …cukup besar dan berkulit hitam,rambut keriting dan agak pendek. Ga pernah punya prestasi se cemerlang kakak2 gw, sebagai exsample… kakak cewek gw selalu juara 1 dalam lomba puisi. Dimana pun itu,sedangkan gw.. selalu dapet juara ketiga dalam lomba puisi. Kakak cowk gw selalu berhasil jadi peserta olimpiade sains dan keluar dengan sukses sebagai juaranya dan gw… dilirik jadi nominasi peserta aja belum pernah apalagi bisa jadi juara. Kedua kakak gw dalam organisasi apa pun mereka selalu berperan penting, mereka selalu menjadi ketua yg membawa prestasi yg berkilau tuk organisasi yg mereka pegang. Dan lagi-lagi .. gw selalu di bawah mereka, gw paling banter jadi sekertaris itu pun selalu di ketawain dan di omelin ma ketua umum +temen2 gara2 kecerobohan gw . gw emang selalu beda.. entah mw percaya pa ga.. terkadang omongan orang lain mungkin ada bener nya juga. Kata mereka , dalam setiap keluarga selalu ada salah satu anggota keluarga yg buruk bisa disebut ampas nya lah.. dan mungkin dalam keluarga gw.. ampas nya itu ya.. gw sendiri.. tapi bodo amat lah.. gw yakin Tuhan menciptakan semua makhluknya dengan kelebihan dan keterbasan nya masing-masing. Mungkin gw belum nemuin bidang gw ja kali ya…
Kata-kata itu selalu menjadi tameng buat gw jk kondisi gw dah mulai terjepit oleh nama tenar semua anggota keluarga gw. Klo gw ga sll positif thinking, kayaknya gw dah minum racun gajah kali ya… saking pesimis nya ma hidup. Dan gw yakin, suatu saat nanti. Gw akan bisa jadi orang hebat dan memiliki keahlian yg emang pas buat gw… dan orang-orang sekitar, memberikan penghargaanya karena usaha gw sendiri. jujur …sebenernya gw dah mulai enek dengan segala keberuntungan yg gw dapet karena gw selalu bersembunyi di balik kepopuleran anggota keluarga gw.
“ gw yakin! suatu saat nanti, gw pasti bisa mewujudkan mimpi gw tu”bisik gw dalam hati,sambil petantang-petenteng bak model catwalk.


“oooy… ngelamunin apaan bu…!” teriak ela, yg sempet bikin jantung gw deg-deg serrr.. karena terancam pindah dari tempatnya alias copot. “busyet! ngagetin aja..” timpal gw dengan mulut omas< o..monyong lima senti>. “ada apaan sih?”ujar gw sambil menarik baju nya untuk duduk bersama di depan teras sekolah. “lo dipanggil ma pak hadi noh…lagian lo ngelamunin apaan siih.. kesambet jin iprit baru tau rasa …?” tanya ela dengan nada agak sedikit cemas.” Gw lagi ngelamunin jalan sama cowok paling cakep di SMA sebelah cuy…lo sih ganggu, jadi ilang deh khayalan indah gw barusan!” gw jawab dengan nada jahil..”alah…sok iye lu… dah kayak orang normal aje bisa tau namanya cowok cakep” timpal ela yang menyadari klo gw lagi nge less.”anjrit.. lo kate gw lesbong.. biar gw mirip orang planet, gw normal kaleee”cetus gw.”btw, ada apaan ya pak hadi manggil gw?” Tanya gw heran. Jawaban yg ela kasih Cuma sedikit gerakan di bahu nya yg turun naek, bertanda klo dia ga tau sama sekali. Tanpa fikir panjang, gw langkahkan kaki menuju ruang guru yg letak nya di ujung sekolah ini. Sambil gw jalan, gw kenalin ya.. siapa ela itu… ela dengan nama lengkap annisa izzati khoirina. Bisa di panggil ela karena dia cinta banget m yg namanya lagu “umbrella” yang di nyanyiin artis seksi rihanna. Karena yg bait dari lagu ntu yg paling nempel di memori anak bernama samila suci putrid ini adalah bagian” umbrella.. ela ..ela..ela.. e..e..e..e.. dan dia selalu memploklamirkan dimana pun dirinya berada walhasil waljamaah orang-orang sebut dia dengan “ela”. Ela itu sohib gw, gw sangat nyaman berada di samping dia, karena dia anak nya supel dan nerima gw apa ada nya. Ga seperti orang kebanyakan, mereka baek-baekin dan ngedeketin gw karena ada mau nya. Musabab nya ialah keluarga gw, ada yg carmuk lah.. biar nyokap gw ngerekrut ortu nya jadi pekerja nya Ato biar di kasih jabatan di organisasi yg kakak gw geluti de el el.
“yup! Itu ruangan pak hadi” seru gw yg masih melenggangkan kaki bak seleb sok seksi..
Selang beberapa menit, gw terlibat perbincangan serius dengan pak hadi. Yang intinya.. gw disuruh ikutan lomba debating antar sekolah tingkat kabupaten. Tu orang kenapa ya.. demen banget ma basa-basi, kenapa ga ngomong to the point aja .. pan gw pegel dengerin ceramah nya yang ngaler-ngidul ga karuan dari tadi. Gw hela nafas dan dg pasti berkata “ ok pak! Saya siap menjalankan tugas mulia dari bapak” . tampak rianglah wajah pak hadi. Dan gw langsung out dan meluncur kembali ke ruang kelas. Sebenernya agak takjub juga dengan ajakan pak hadi barusan, kok bisa ya.. dia ngajak gw tuk jadi saalah satu peserta lomba debat. Antar sekolah lagi… gw emank jago buat ngomong, tapi ya.. gitu nyablak abis dengan rentetan kosakata bahasa Indonesia yg abstrak.bego nya gw malah setuju pake semangat yg berapi-api lagi tadi pas denger omongan nya pak hadi. Ya… mudah-mudah han aja kehadiran gw membawa keberuntungan buat sekolah tercinta ini. Klo malah membawa kesialan, cuek aja.. salah sendiri ngajak gw..
Selang beberapaminggu, lomba debat antar sekolah tingkat kabupaten pun berlangsung dihadiri bupati yg Cuma nongol beberapa menit tuk memberi sambutan, dan Tuhan emang Maha penyayang, gw bersama teman-teman perwakilan sekolah berhasil menjadi juara kedua… “HIP..HIP..HURA!!!” sorak sorai kemenangan berkumandang di gedung Islamic centre.mungkin klo orang-orang yg hadir disitu suka dengerin lagu2 yg update, pastinya mereka dah nyanyi”please deh.. jangan lebay…”sambil menatap prihatin ke kita yg terlihat cuek-cuek aja walaupun ibu-ibu gossip dah ngedumel pengen ngomong kayak presenter silet di tipi.”Tentunya acara teriak-teriakan gitu berdalang gw… he..he.. . ,gw maju ke depan panggung sebagai perwakilan tuk menerima penghargaan. Serasa nerima piala award, gw jadi berhasrat untuk berpidato ria di depan podium. tapi sayang gw langsung di usir dari panggung, mungkin mereka dah punya filling yg g enak kali ya..
Sumpah.. gw seneng bgt… riang bukan main. Ini prestasi untuk pertama kali nya gw bisa naik posisi. Habis.. klo ikutan loimba apapun biasanya dapet juara 3 mulu… sebenernya sih bukan Karena gw yg cerdas2 amit, gw beruntung aje dapet se tim sama anak paling pinter di sekolah. Tu anak namanya dede, dalam lomba apa pun dia emang selalu jadi juara nya.udah cantik, baik, berkerudung rapi , tajir pula. Dan gw selalu pas-pas an, pas ikutan lomba yg tingkat kabupaten pas di barengi ma yg jenius..he..he..
Itu adalah salah satu contoh keberuntungan gw dari sekian kejadian lainnya. Gw emang tidak ditakdirkan lahir dengan keahlian yg dahsyat tapi dengan keberuntungan yg selalu menyertai langkah gw. Keberuntungan lainnya gw dapetin karena kepopuleran keluarga gw, contoh aja ni.. gw mau bikin KTP ato surat-surat penting lainnya di kelurahan. Klo dah bawa nama bokap or nyokap, semua permintaan gw terkabul dengan mulus dan kilat. Ga seperti org lain yg harus ribet ini-itu klo sudah berhadapan dengan kelurahan. Sebenernya emang ga adil.. tapi itulah peraturan yg ada dg sendiri nya di Negara tercinta kita ini… dan 2 kata yg selalu gw seru kan “beruntungnya.. gw..”.semua keberuntungan dan penghormatan yg gw dapet malah biking gw bête, gw selalu bersembunyi di balik kepopuleran anggota keluarga gw.. dan gw pun berdoa… di tengah malam dg khusuk dan sungguh2 sambil ngemis2 biar di kabulin.
Akhirnya doa gw pun terkabul, setelah ujian UAN gw dapet kabar yg sangat menggembiralkan hati yaitu lolos PMDK di salah satu universitas negeri di jawa tengah, yg so pasti jauh bener ma rumah gw yg di daerah bogor. ”ini awal, untuk hadir di tengah2 masyarakat tanpa membawa embel2 nama keluarga gw.. yes!” fikir gw dalam hati penuh kemenangan. Mendengar kabar itu nyokap bokap nangis Bombay terharu bercampur sendu karena mau di tinggal pergi oleh anak nya yg bungsu. Dan hari perpisahan dengan keluarga pun tiba, dengan berbekal baju se koper dan duit seada nya, gw pergi meniggalkan kota kelahiran gw yg tercinta dan mengucapkan selamat tinggal kepada propinsi jawa barat yg telah berbagi sedikit tempat tinggal untuk anak cewek yg satu ini.

“Yuhu… “gw ketawa girang saat bis yg gw naikin tiba di terminal ditemani kak ikbal, gw pun mencari kos an yg cukup layak buat gw tinggalin. Sebenernya keluarga gw ga punya sanak saudara didaerah ini, tapi lagi-lagi karena keberuntungan. Nyokap punya sohib yg tinggal di jawa tengah dan beruntung nya rumah dia deket bgt sama kampus gw. Walhasil gw di bantuin nyari kos an dan di ajak keliling biar tau daerah sekitar. Kakak gw pun balik dengan berbekal getuk goreng dan mendoan pemberian sohib nyokap itu.

Ini hari pertama gw mendiami kamar kos an. Setelah menata rapi kamar, gw siap2 registrasi tuk daftar ulang di kampus pusat. Keren dah kampus nya.. dari pada sekolah gw dulu.. sekalipun ga semegah UGM ato IPB tapi gw sangat bangga dan merasa beruntung bisa melanjutkan sekolah disini. Ga peduli dg ledekan temen-temen gw yg baru ttg kampus ini,” yg penting negeri dan fasilitas mencukupi”ujar gw setiap kali ada yg resah dan nyesel yg masuk universitas ini karena ga lolos SPMB di UGM,IPB dan ITB. Hari demi hari pun berlalu, gw lewatin semua kehidupan gw disini senyaman mungkin. Untung makhluk2 penghuni kos an pada easy going dan sama sarap nya kayak gw. jadi gw betah bgt didaerah yg baru gw huni ini. Dan…untung nya lagi gw dah terbiasa ikutan training-training yg berakibat gw harus jauh dari ortu untuk waktu yg lama. Jadi gw ga pake acara nangis-nangisan segala pas jauh dari rumah.. sedih sih.. tapi di bikin enjoy aja… toh ini masih di belahan bumi yg sama. Mungin klo gw harus menetap di planet lain dalam jangka waktu yg lama, gw dah nagis darah kali ya..
Disini gw dapetin temen-temen yg asik dan ber otak cerdas.. jadi IP gw g jeblok2 amat.. masih dg cirri khas gw.. yaitu “pas-pas an…”. Gw bener-bener hidup dengan cara gw sendiri, ga ada lagi yg nglarang-ngelarang ini itu. Yg membuat fikiran gw bener-bener terbuka klo dunia itu sangat luas dan berbagai orang hidup di dalam nya dengan cara hidup dan karakter nya yg beragam. Gw berusaha menjadi aktivis kampus, dengan memberanikan diri untuk masuk ke beberapa UKM. Dan diantara nya teater, rohis, dan junalis. Gw mau mencoba mengadu nasib dengan semua itu. Karena motto hidup gw “be yourself” jadi gw hidup jadi diri sendiri tanpa di buat-buat dang w sangat bersyukur. Disini gw punya banyak temen dan orang=orang ngehormatin gw Karena pyur… mereka ngeliat sikap gw. Dan gw pun menjadi orang yg dihargai pendapat nya di organisasi yg gw geluti. Gw sangat ga percaya , bisa jadi instruktur undangan di organisasi keagamaan. Gw disitu di hormati dan di segani. Padahal gw dah jujur abis-abis an ma mereka klo gw ga sehbat yg mereka fikir. Tapi kmereka keukeuh,, dan selalu bilang” duh… lo emang suka merendah ya..”. gubrakkk.. sambil berhias seyuman kuda.

Mimpi gw ternyata terwujud, pelajaran yg gw bisa ambil saat ini adalah klo gw dah merasa menjadi diri sendiri dan meng handle keadaan dg cara gw. Tinggal enjoy aja … Orang pasti akan menghargai itu kok… ternyata keberuntungan bisa mengalahkan orang jenius dan cerdas kale… bukti nya teman gw yg super duper jago matematika pas SMA dulu malah berakhir dengan pernikahan dini. Bukan karena MBA tapi karena keluarga nya ga mengerti akan penting nya pendidikan jadi di nikahin lah anak satu-satu nya itu. Dan…. Nama kepopuleran keluarga memang ga akan pernah bisa kita hindari. Jadi… intinya.. dibikin nyaman aja.. dan nikmatin semua yg bisa lo nikmatin sekarang…

Tidak ada komentar: